Hotel sebagai suatu unit bisnis yang menawarkan jasa kamar, makanan, minuman serta berbagai jasa lain yang kesemuanya dimaksudkan untuk melayani tamu. Pendapatan jasa kamar memberikan kontribusi kurang lebih 65% dari total pendapatan hotel, dan pendapatan kedua terbesar dari makanan dan minuman yang memberikan kontribusi kurang lebih 30%, kisaran persentase harga pokok sangat tergantung pada jenis kelas hotel dan restaurant serta target laba yang ditentukan oleh pihak managemant.
Khusus makanan dan kisaran harga pokok 30 - 40% dari harga jual, sementara untuk minuman antara 25 - 30 dari harga jual, data ini berdasarkan hasil laporan keuangan beberapa hotel dikawasan wisata bali.
Untuk mencapai sasaran pendapatan maka hotel dan restaurant memelukan sistem pengendalian harga pokok sebagai panduan manajemam, dari segi menu didapatkannya konsistensi cita rasa, takaran, penampilan, dan mutu bahan baku yang digunakan.
Tujuan Pengendalian Harga Pokok makanan dan minuman
Mengendalikan mutu produk makanan dan minuman yang ditawarkan sesuai yang ditentukan.
Mengendalikan harga pokok makanan dan minuman. Dapat dikendalikan jika menetukan ukuran-ukuran baku (standar portion size)
Mencapai target laba yang ditentukan. Target laba dapat dicapai bila harga pokok dapat dikendalikan.
Melakuakn tindakan koreksi yang diperlukan. Bila terjadi penyimpangan pada target laba yang ditentukan (misalnya 5%)
Meningkatkan efisiensi operasional bagian makanan dan minuman. Menu yang tidak populer dapat diganti dengan item menu lain demi optimalisasi laba.
Target harga pokok F&B dapat dicapai bila adanya koordinasi yang baik diantara fungsi pembelian (purchasing) penerimaan (receiving) penyimpanan dan pengeluaran (store) pra penyiapan (kitchen) dan fungsi penjualan (sales/resto).
Kualifikasi sumber daya manusia Pencapaian sasaran harga pokok memiliki pengaruh yang sangat signifikan pada fungsi kualifikasi sumber daya manusia. Pemilihan bahan pokok yang berkualitas, penyikpajan yang seusai standar dan proses pengeluaran barang, proses produkso sampaimpada fungsi penjualan.
Penerapan pengendalian harga pokok perlu di sosialisasikan oleh managemant secara menyeluruh, dikarenakan sebagian karyawan akan terkejut ketika pengendalian harga pokok tiba-tiba dilaksanakan. Toleransi yang lazim dalam perhitungan harga pokok per porsi adalah sebesar 1%.
Pengertian Harga Pokok Makanan dan Minuman
Pada bisnis hotel dan retauran yang dimaksud dengan Harga pokok makanan dan minuman adalah harga semua bahan makanan yang digunakan ujtukmmemproduksi suatu jenis makanan. Harga pokok langsung dikompensasikan pada penjualan makanan yang terjadi. Biaya - biaya lain seperti biaya tenaga kerja tidak dibebankan pada perhitungan harga pokok makanan dan minuman.
Akuntansi perhotelan pada dasarnya merupakan akuntansi departemental, karena setiap departemant membuat laporan mengenai penjuLan dan atau biaya- biaya departemen itu sendiri.
Menjalankan bisnis rertauran pada sebuah hotel ada dua katagori yaitu mandiri dan terintergrasi. yang dimaksud dengan Restaurant mandiri adalah restaurant yang secara operational menawarkan makanan dan minuman merupakan sutu entitas yang tidak menjadi bagian atau unit dari suatu hotel. Untuk restauran yang merupakan bagian (outlet) dari suatu hotel mengkompensasikan harga pokok makanan dan minuman dengan penjualan yang dicapai.
Rumus Perhitungan Harga Pokok Makanan dan Minuman
Tabel ilustrasi (nasi goreng nanas) perhitungan harga pokok takaran baku per porsi ;
No Nama Bahan Jmlah Harga/Unit HP (Rp)
1. Udang 6 Ekor 450 gr 3.000 6.000
2. Nasi putih 1500 gr 1.500 1.500
3. Nenas Utuh 1 pcs 2.000 2.000
4. Sambal 10 sdk 50 500
5. Saos Tomat 10 sdk 50 500
6. Garam 10 sdk 25 250
7. Merica 10 sdk 25 250
8. Gula Pasir 10 sdk 25 250
9. Bawang Putih 10 sdk 25 250
10. Bawang Bombay 10 grm 50 500
11. Daun Bawang 10 grm 50 500
12. Cabe Merah Diiris 20 grma 25 500
Jumlah Harga Pokok Rp 13.000
Harga pokok per porsi Rp 13.000
Harga jual per porsi Rp 27.000
Persentase harga pokok per porsi : 48,15 %
Jadi rumus / formula perhitungan cost sbb:
[ Harga Pokok / Harga Jual x 100 = ...... % ]
Standar Yield
Yield merupakan berat bersih yang didapat setelah suatu makanan segar melalui pra penyiapan hingga siap dimasak. Yield dapat dinyatakan dengan rasio berat mula- mula dengan berat bersih. Sebagai ilustrasi ; beratudang ketika dibeli 1000 gram, agar menjadi bahan siap olah maka kepala dan kulit dihilangkan, berat bersih yang didapat setelah pra penyiapan 700 gram. Yield untuk udang 70% atau 700 gram. Ada 300 gram bagian udang yang terbuang setelah proseshingga masak. Bila harga mula - mula Rp 10.000 untuk 1000 gram maka dapat dinyatakan bahwa harga udang bersih untuk 1000 gram menjadi Rp14.286 (dibulatkan).
> Semoga Bermanfaat.,
EFISIENSI BIAYA
Semakin tingginya biaya yang harus dikeluarkan perusahaan Tanpa perhitungan yang matang (biaya) akan berdampak luas terhadap ketahanan dan daya saing perusahaan itu sendiri. Jika ditinjau secara sepintas dari tahun ke tahun, memang biaya selalu mengalami peningkatan, namun para pengusaha perlu lagi meninjau secara mendalam dan lebih bijak, apakah biaya tersebut masih relevan untuk dikeluarkan oleh perusahaan atau tidak, jangan sampai biaya yang seharusnya perlu malah dihapuskan dengan alasan menghindari pemborosan yang berdampak pada peningkatan kualitas perusahaan Bahkan merugikan perusahaan itu sendiri.
Pengertian biaya yang dimaksudkan disini adalah pengorbanan nilai yang memberikan sumbangan yang berguna untuk mencapai suatu sasaran. Terdapat beberapa cara untuk mengefisiensikan biaya, antara lain dengan pengendalian (control) dan memotong biaya.
Pengendalian (control) adalah proses untuk menjamin agar kegiatan mengarah ke tujuan yang diinginkan, sedangkan cutting costs (memotong biaya) merupakan cara yang paling sederhana meningkatkan bottom line.
Tujuan cost control antara lain ;
- Menghitung beban biaya
- Menyusun anggaran, dan
- Mengendalikan biaya
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka biaya – biaya yang terjadi dalam perusahaan harus dicatat dan digolongkan secara tepat dan benar, sehingga memungkinkan untuk dilakukan :
- Penentuan biaya secara teliti
- Pengendalian biaya
- Analisa biaya
Tugas cost control ;
- Menentukan anggaran biaya atas tiap jenis biaya yang dikeluarkan ke dalam masing-masing departemen.
- Mengendalikan pengeluaran biaya dengan membandingkan antara anggaran dengan biaya aktualnya
- Membuat laporan biaya untuk masing – masing departemen
- Mengawasi tugas – tugas yang dikerjakan oleh bawahannya dan menyelesaikan masalah yang tidak dapat diatasi oleh bawahannya
Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan cost control :
- Mengidentifikasi pusat usaha
- Managing cost control
- Pihak – pihak yang terlibat
- Penghematan
- Mengidentifikasi pusat usaha
- Identifikasi pusat biaya utama
Biaya disini bisa meliputi : pembelian, produksi, penjualan dan pemasaran, finance, administrasi, pendapatan, fasilitas manajemen, dan riset dan pengembangan (R&D).
Identifikasi biaya yang utama di dalam masing-masing pusat biaya
Biaya disini bisa meliputi : biaya gaji staff, bahan baku dan persediaan, PLN dan PDAM, pengeluaran modal, pembelian lain (promosi dan iklan), pendapatan, postel, perjalanan, dan ongkos pengangkutan.
Beberapa pusat biaya, seperti R&D, memang penting tetapi tidak memberikan kontribusi langsung ke bottom line, untuk itu harus ditinjau kontribusi yang dihasilkan sebelum memutuskan untuk memotong anggaran mereka.
Managing cost control
Dimulai dari sasaran Usaha
Tetapkan biaya standar untuk mencapai tujuan, Biaya standar akan membuat kita berada dalam suatu dunia yang ideal
Tetapkan biaya – biaya yang dianggarkan secara realistis(berdasarkan pengalaman)
Biaya yang dianggarkan pada umumnya lebih tinggi dibanding biaya standar, namun terkadang biaya yang dianggarkan boleh lebih rendah dari biaya standar apabila sudah ada analisa diperkirakan biaya akan lebih efisien.
Pihak – pihak yang terlibat
Dalam satu pusat biaya umumnya menjadi tanggung jawab satu orang manager.
Beberapa biaya dapat lebih mudah dikendalikan jika satu orang manager bertanggungjawab untuk biaya itu dalam organisasi. Namun sebelum mengambil keputusan, harus dilakukan pendekatan “top-down” agar tidak kehilangan sesuatu yang berharga jika tidak berhati – hati dalam memotong sesuatu yang vital.
Libatkan karyawan yang ada dalam pengendalian biaya.
Karyawan dapat menyarankan gagasan penghematan biaya, terutama jika ada suatu perangsang untuk melakukannya (misalkan diberi insentif). Tanyakan apa yang menjadi permasalahnnya atau hanya akan membuang – buang waktu.
Penghematan
Beberapa biaya dengan resiko kecil dapat dikurangi :
Mengecek invoice dari supllier, mungkin terdapat biaya tambahan, misal : penagihan double untuk invoice yang sama, koreksi harga, atau hilangnya discount.
Hapuskan biaya-biaya yang tidak diperlukan
Hindarkan over kapasitas (misalnya line telepon tidaK terpakai, Hilangkan melakukan proses yang sia-sia
Pangkas biaya-biaya yang berlebihan
Cari alternatif supplier yang mahal dengan yang lebih murah, atau melakukan negosiasi harga dengan diperolehnya diskon Dll.
Hindari sering melakukan order pesanan kecil
Pertimbangkan mengalihkan tagihan bulanan tunggal untuk langsung dipotongkan via Bank dengan system auto debet (tagihan listrik, air, telepon dipotongkan di Rekening Koran).
Dengan melakukan sistem kendali biaya, diharapkan perusahaan dapat lebih efisien dan menghemat biaya-biaya yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan, sehingga perusahaan dapat bersaing secara kompetitif dimasa-masa mendatang.
33 komentar:
maaf bisa tanya,untuk harga/unit-nya dapat dari mana ya....?
Harga jual diambil dari mana dan Persentase harga pokok per porsi : 48,15 % juga dari mana?
Ngitungnya ngelantur bro
48% itu sangat tinggi...hampir separo...38% aja boss udah nyanyi...
gak salah tuh ampe 48%, 33% aja bkalan d keramasin am air liur!
untuk food maksimal 45% & beverage 25%
terima kasih chef info'y, saya pengusaha catering di wilayah puncak, bogor..
http://cateringkypuncak.blogspot.com
itu kan tabel ilustrasi, kalau costnya hars 32% yaaa harus dinaikkan harga jualnya (tergantung market segmentnya)
Terima kasih admin,, nambah ilmu...
Admin memberikan gambaran yang cukup baik. Disetiap resto/hotel dasar penetapan cost yang di inginkan berbeda, sekarang tinggal pembaca yang menyesuaikan dengan kebijakan masing masing. Trims admin, dasar yang diberikan sangat baik
makanan bukannya dr 28% - 33% ya....buat minumannnya 35% - 38% ??? betul tidak ???
Ini hanya ilusttasi saja , untuk desired food cost percentage tiap perusahaan berbeda, yg saya tau untuk food biasanya tidak lebih dari 35 % . Thanks .just share
Ini hanya ilusttasi saja , untuk desired food cost percentage tiap perusahaan berbeda, yg saya tau untuk food biasanya tidak lebih dari 35 % . Thanks .just share
maaf, bagaimana cara menghitung untuk yield yang bertambah seperti mie.. untuk menentukan cost factor nya
terimakasih
Meski agak sedikit bingung cara ngitung nya .
Kebetulan Saya juga krja di Bidang Perhotelan .
Belajar Hitung2 Cost dulu lah, biar enak nanti nya .
Meski agak sedikit bingung cara ngitung nya .
Kebetulan Saya juga krja di Bidang Perhotelan .
Belajar Hitung2 Cost dulu lah, biar enak nanti nya .
Mhon pencerahannya
Andaikata biaya pembelanjaan makanan dan minuman slama 1bln -+33jt dan omzet dlm sebulan -+75jt, klau di persentasekan foodcost nya brpa % ya? Serta bagaimna cara hitungan nya?
Trimksh sdh mau berbagi ilmu.
memang benar,,persen cost harus di naikan supaya menjaga hal2 yang di luar nalar,,untuk cari aman kita naikan costnya..hasil tinggal croscheck tiap akhir bulan..
Penjelasan di atas hanya ilustrasi aja bro. Kl mengenai harga unit di ambil dari price list vendor / suplier yg kita pakai. Harga satuan unit material product kita jadikan satuan kecil. Sesuai material yg di pakai. Harga per Kg / Liter di jadikan satuan harga gram / Cl. Contoh harga cabe 10.000 / kg . dan yieldnya (cabe bersih ) skitar 80 % (800 gr ) so harga bersihnya jadi 12.500. Nah satuan harga per gram tinggal di bagi 1000. 12.500 / 1000 = 12,5 /gr. Nah kl pemakaian cabe dalam satu menu makanan terpakai 50 gr . kalkulasikan aja. 50 X 12,5= Rp. 625
Good idea...dan selalu belajar ke bnyk.guru biar tau perbedaan2yg ada tinggal prakteknya ya gan
min mau nanya .
semisalkan saya ingin buat teh susu untuk 100porsi .
komposisinya udah jelas .
1.teh misalkan 200grm dengan harga/200 grm =50.000
2.susu 6kleng harga 10.000/kaleng.
3.gula 2kg 28.000/2kg.
total =138.000
harga /porsi 1.380
harga jual misl 5.000/porsi
persentase nya kan 0.276 27%
yang saya mau tanya gmna nentuin/ menghitung stiap bagian nya .
dari gula kita dapet untung brapa.?
dari susu, dll dapet brapa
Nyimak....
Yg lebih gampang utk menghitung sebuah cocktai ..rumusannya apa yach
tidak ada yang salah dengan perhitungan di atas kembali k perusahaannya lagi mau ambil untung berapa [ersen dari penjualan, im=ntinya tidak mencekik perusahaan dan pelangan, terima kasih info yang sangat bermanfaat,
Terimakasi chef ilmunya,intinya saya mengerti penjelasan diatas
terimakasih atas sarannya..kalo ke bali mampir ya di www.growbali.com
Untuk food 30% dan beverage 22% kalo d hotel *5 semoga bermanfaat
Kenpa itu 48% karena hargaya ga sesuia dengan bahanya. Yang ane pahami ini hanya ilustrasi caranya saja.
Maaf, dr mana dapat harga udang yg yeiled smpai 14,286. Minta penjelasannya. Maaf sebelumnya.
Maaf, dr mana dapat harga udang yg yeiled smpai 14,286. Minta penjelasannya. Maaf sebelumnya.
love yue guys,see senyawa
Posting Komentar